Jumat, 23 Maret 2018

Install Android SDK Tools


Android SDK Tools digunakan oleh Cordova untuk membangun aplikasi Android. Kalo Kamu sudah pernah menginstall Android Studio, maka Kamu tinggal mencatat dimana letak folder instalasi Android SDKnya. Kalo belum, kita cukup mengunduh dan menginstal Android SDK Tools. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstalnya:

  1. Buka halaman http://developer.android.com/sdk/index.html dan pada bagian Download pilih yang Get just the command line tools only dan klik tautan download installer.exe, seperti installer_r24.4.1-windows.exe.
  2. Jalankan installer. Ikuti langkah-langkah instalasi, dan catat path dimana Kamu menginstal.
  3. Daftarkan path Android SDK pada variable PATH seperti pada step sebelumnya. Buka Control Panel, pilih System and Security, pilih System, pilih Advanced System Settings, akan muncul jendela System Properties. Pada tab Advanced klik tombol Environment Variables..
  4. Pada jendela Environment Variables bagian list user variables, pilih variable PATH lalu klik tombol Edit. Pada bagian akhir Variable value, tambahkan path folder tools dan platform-tools Android SDK, dalam kasus di komputer saya path toolsnya adalah dan path platform-toolsnya adalah ;C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk\platform-tools. Kita pisahkan antar path value dengan titik koma. Klik tombol OK pada jendela Edit.
  5. Klik tombol OK lagi untuk menutup jendela Environment Variable.
  6. Tes hasil instalasi dengan memanggil perintah pada jendela baru cmd: adb version Perintah ini akan menampilkan nomor versi Android Debug Bridge.
  7. Langkah terakhir adalah menginstall versi SDK yang dibutuhkan oleh Cordova. Panggil perintah android pada command line untuk memunculkan jendela Android SDK Manager. Akan muncul daftar ceklis apa saja yang harus diinstal dan diupdate dari Android SDK. Saat pertama kali menjalankan Android SDK Manager ini, akan ada beberapa bagian yang secara default terceklis. Biarkan seperti itu lalu klik tombol Install n Packages.. Aplikasi akan mengunduh dan menginstal sejumlah SDK yang wajib diinstal. Saat tulisan ini dibuat versi Cordova terakhir adalah versi 6.1 dan dia memerlukan SDK Android 6.0. Kedepannya seiring perkembangan Cordova mungkin versi SDK yang diperlukan oleh Cordova juga akan meningkat. So Kamu tinggal menyesuaikan kebutuhan dengan menginstal SDK yang diperlukan seperti pada langkah di atas.

0 komentar: