Jumat, 23 Maret 2018

Install Ant

Apache Ant adalah library Java dan command line tool untuk mengatur proses pembangunan aplikasi Java. Ant sudah menyediakan beberapa task seperti proses kompilasi, assembling, testing dan menjalankan aplikasi Java. Ant ini nantinya akan digunakan oleh Cordova dan Android SDK untuk membangun aplikasi. Untuk proses instalasi Ant, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman http://ant.apache.org/bindownload.cgi unduh versi terbaru Ant yang berekstensi .zip seperti apache-ant-1.9.7-bin.zip.
  2. Ekstrak file .zip tersebut di tempat yang Kamu inginkan. Saya mengekstrak file tersebut di direktori D:\ sehingga pathnya menjadi D:\apache-ant-1.9.7.
  3. Masukkan path folder Ant ke dalam variable PATH pada sistem Windows, seperti yang kita lakukan saat menambahkan path JDK pada step sebelumnya. Buka Control Panel, pilih System and Security, pilih System, pilih Advanced System Settings, akan muncul jendela System Properties. Pada tab Advanced klik tombol Environment Variables..
  4. Pada jendela Environment Variables bagian list user variables, pilih variable PATH lalu klik tombol Edit. Pada bagian akhir Variable value, tambahkan path folder Ant, dalam kasus di komputer saya pathnya adalah ;D:\apache-ant-1.9.7\bin. Kita pisahkan path value sebelumnya dengan path baru Ant dengan titik koma. Klik tombol OK pada jendela Edit.
  5. Selanjutnya buat variable dengan mengklik tombol New.., pada bagian Variable name isi dengan ANT_HOME (kalo variabel ini sudah ada, maka pilih dan klik tombol Edit), lalu pada bagian Variable value isi path folder Ant seperti langkah sebelumnya dengan tanpa diakhiri folder \bin. Dalam kasus di komputer saya adalah ;D:\apache-ant-1.9.7. Klik tombol OK.
  6. Klik tombol OK lagi untuk menutup jendela Environment Variable.
  7. Sekarang tes hasil instalasi. Buka jendela terminal atau cmd baru lalu ketik perintah ant -version Kalo muncul nomor versi, itu tandanya JDK sudah siap digunakan.

0 komentar: